Aplikasi, Tujuan, Ruang Lingkup dan Sasaran Pengguna Model Penilaian Kelas

Wawasan Pendidikan, seringkali muncul pertanyaan, mengapa penilaian di kelas harus dilakukan? pada dasarnya penilaian sudah lama di jalankan khususnya di indonesia untuk mengukur kompetensi peserta didik setelah melewati proses pembelajaran dalam rentang waktu tertentu yang telah di atur oleh pemerintah. mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang penilaian kelas, baiklah, sobat pendidikan akan membehas  tentang Aplikasi, Tujuan, Ruang Lingkup dan Sasaran Pengguna model penilaian kelas. 

Aplikasi, Tujuan, Ruang Lingkup dan Sasaran Pengguna model penilaian kelas
picture by researchgate.net

A. Aplikasi Assessment dalam penilaian kelas
Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik (dalam hal ini guru), satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru satuan pendidikan termasuk penilaian internal (internal assessment), sedangkan yang diselenggarakan pemerintah termasuk penilaian eksternal (external assessment). Penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh pendidik pada proses pembelajaran berlangsung dalam rangka penjaminan mutu. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah sebagai pengendali mutu, seperti ujian nasional.

Penilaian kelas merupakan penilaian internal terhadap proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik, dalam hal ini guru di kelas atas nama satuan pendidikan untuk menilai kometensi peserta didik pada saat dan akhir pembelajaran.

B. Tujuan penilaian berbasis kelas
Penyusunan model penilaian kelas ini bertujuan untuk: 
  1. Memberikan informasi mengenai orientasi baru dalam penilaian hasil belajar peserta didik;
  2. Memberikan wawasan tentang konsep penilaian hasil belajar yang dilaksanakan pada tingkat kelas oleh pendidik;
  3. Memberikan rambu-rambu penilaian hasil belajar;
  4. Memberikan prinsip-prinsip perencanaan, pengolahan dan pelaporanhasil penilaian.
C. Ruang lingkup penilaian berbasis kelas
Isi model penilaian kelas ini meliputi konsep dasar penilaian kelas, teknik penilaian, langkah-langkah pelaksanaan penilaian, pengelolahan hasil penilaian serta pemanfaatan dan pelaporan hasil penilaian. Dalam konsep penilaian, akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian, manfaat penilaian, fungsi penilaian, dan rambu-rambu penilaian. 

Teknik penilaian akan menjelaskan berbagai cara dan alat penilaian. Langkah-langkah pelaksanaan penilaian memberikan arahan penetapan indikator, penetapan kriteria ketuntasan setiap indikator, pemetaan kompetensi, dan teknik penilaian yang sesuai serta contoh penilaiannya. Pengelolaan hasil penilaian memberikan arahan dalam menganalisis, mnginterpretasi, dan menentukan nilai pada setiap proses dan hasil pembelajaran. 

Pemanfaatan dan pelaporan hasil penilaian mencakup pemanfaatan hasil, bentuk laporan hasil penilaian, dan penentuan kenaikan kelas.

D. Sasaran pengguna model penilaian kelas
Model penilaian kelas ini diperuntukkan bagi pihak-pihak berikut:
  1. Para pendidik di satuan pendidikan untuk menyusun program penilaian kelas;
  2. Pengawas dan kepala satuan pendidikan untuk merancang program supervisi pendidikan di satuan pendidikan;
  3. Para penentu kebijakan di daerah untuk membuat kebijakan dalam penilaian kelas yang sesuai untuk satuan pendidikan.
Proses penilaian memerlukan pengumpulan bukti (assesssment) yang dilakukan secara sengaja, sistematis, dan berkelanjutan serta digunakan untuk menilai kompetensi siswa. Proses pengumpulan bukti mencakup: 
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendemontrasikan kompetensinya;
  2. Mengumpulkan dan mencatat bukti-bukti demonstrasi kompetensi-kompetensi siswa;
  3. Menggunakan bukti-bukti untuk membuat penilaian secara menyeluruh demonstrasi/kinerja siswa dalam kompetensi-kompetensi tersebut.

Referensi
Hamzah B. Uno dan Satria Koni. (2014) Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel