Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Wawasan Pendidikan; Pada Postingan sebelumnya, sobat pendidikan telah membahas tentang Pengertian Evaluasi Pembelajaran  dimana menurut Wrightstone dan kawan-kawan (1956;16) mengemukakan rumusan evaluasi pembelajaran sebagai berikut: “Educational evaluation is the estimation of the growth and progress of pupils toward objectives or values in the curriculum.”

Fungsi Evaluasi Pembelajaran
Fungsi evaluasi pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri. Secara lebih rinci, fungsi evaluasi pembelajaran  dapat dikelompokkan menjadi empat fungsi, yaitu:

1. Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. hasil evaluasi yang diperoleh tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki cara belajar siswa dan atau untuk mengisi rapor atau surat tanda tamat belajar.

2. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Pengajaran sebagai suatu sistem terdiri atas beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. komponen-komponen yang dimaksud adalah tujuan, materi atau bahan pengajaran, dan prosedur serta alat evaluasi.

3. Untuk keperluan bimbingan dan kongselin (BK).

Hasil-hasil evaluasi yang telah dilaksanakan oleh guru terhadap siswanya dapat dijadikan sumber informasi atau data bagi pelayanan BK oleh para konselor sekolah atau guru pembimbing lainnya seperti antara lain:

  • Untuk membuat diagnosis mengenai kelemahan-kelemahan dan kekuatan atau kemampuan siswa
  • Untuk mengetahui dalam hal-hal apa seseorang atau sekelompok siswa memerlukan pelayanan remedial
  • Sebagai dasar dalam menangani kasus-kasus tertentu diantara siswa
  • Sebagai acuan dalam melayani kebutuhan-kebutuhan siswa dalam rangka bimbingan karir.
4. Untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan. Seperti telah dikemukakan dimuka, hampir setiap saat guru melakukan kegiatan evaluasi dalam rangka menilai keberhasilan belajar siswa dan menilai program pengajaran, yang berarti pula menilai isis atau materi pelajaran yang terdapat didalam kurikulum.

Referensi
Purwanto, Ngalim.(2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel